20 August 2008

Cara Sehat Memberikan Susu Formula

1:27 AM by Wong Ndeso Go Blog · 0 komentar anda

ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Namun, bagi para ibu yang ASI-nya tidak keluar atau menderita penyakit menular, susu formula menjadi pilihan lain. Menurut Dokter Spesialis Anak dr. I Wayan Retayasa, Sp.A. (K) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan susu formula, yaitu:

1. Usahakan tangan dalam keadaan benar-benar bersih saat membuat susu. Tangan yang kotor dapat menjadi penghantar bakteri atau kuman. Biasakan mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas agar kebersihan tangan selalu terjaga.

2. Sterilkan botol susu dan dot. Sebelum membuat susu rebus botol dan dot dalam air mendidih. Begitu juga setelah botol susu digunakan. Perhatikan sisa susu yang menempel di dot.

3. Pembuatan susu gunakan air matang hangat yang sudah mendidih.

4. Segera minumkan susu setelah dibuat. Buat susu sesuai takaran keperluan anak sekali minum. Jika tersisa jangan disimpan terlalu lama atau simpan 4-5 jam dalam suhu ruangan.

5. Jika susu disimpan dalam kulkas, rendam botol dalam rantang berisi air panas. Setelah hangat baru diberikan pada bayi.
Njajal Themes

komentar anda

0 Responses to "Cara Sehat Memberikan Susu Formula"

Post a Comment