19 July 2008

Diabetes Mellitus (DM)

2:38 AM by Wong Ndeso Go Blog · 0 komentar anda

Penyakit ini merupakan gejala yang timbul pada seseorang akibat peningkatan kadar gula dalam darah yang disebabkan karena kekurangan insulin, baik absolute maupun relatif. Ini terjadi akibat dari tidak normalnya fungsi pancreas dalam menghasilkan insulin dalam tubuh. Diabetes Mellitus ditandai dengan kenaikan kadar gula dalam darah, yaitu kadar gula darah dalam keadaan puasa >126 mg/dl dan gula darah dalam keadaan normal (sewaktu-waktu) >200 mg/dl.

Klasifikasinya meliputi DM tipe 1 yang tergantung hormone insulin (sekitar 10%), DM tipe 2 yang tidak tergantung dengan hormone insulin (sekitar 90%), DM pada kehamilan, dan DM tipe lain. Gejala DM sangat bervariasi. Kadang, tanpa gejala. Hanya terjadi penurunan berat badan drastic atau baru diketahui saat melakukan medical check up. Namun, umumnya terjadi polifagi (banyak makan), poliuria (banyak kencing), dan polidipsia (banyak minum karena haus terus). Manajemen pengobatan DM terdiri atas pengaturan makan dengan diet DM, olahraga yang teratur, obat-obatan bagi penderita DM, dan jika perlu diberikan suntikan insulin.

Prinsip diet DM tetap mempertahankan diet seimbang, yaitu mengandung karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah. Sebaiknya, rendah lemak karena DM sering diikuti dengan kenaikan kadar lemak dan kolesterol. Kurangi makanan yang manis-manis, kue, sirup, dan soft drink. Perbanyak konsumsi serat makanan dari sayuran dan buah dalam jumlah terbatas. Melilea Greenfield Organic (MGO) dan Melilea Organic Juice merupakan solusi tepat untuk diet DM. Karena kandungan gizinya yang sePilihan Postingimbang dan kaya akan serat sayuran dan buah-buahan.

Dalam posting berikutnya akan saya jelaskan proses penyembuhan alami pada penderita DM…
Njajal Themes

komentar anda

0 Responses to "Diabetes Mellitus (DM)"

Post a Comment